Langsung ke konten utama

8 Destinasi Unik dan Inspiratif


1. Museum Angkut

Malang adalah salah satu kota di Indonesia yang sedang menjadi sorotan. Dimana, pada kota ini terdapat banyak destisnasi menarik untuk liburan. Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di kota Malang ini, salah satunya adalah museum angkut. Museum angkut adalah museum yang mengusung konsep angkutan, di sana banyak transportasi tradisional hingga modern yang dipamerkan. Tempat ini bukan hanya sebagai tempat hiburan semata, tetapi juga bisa menjadi tempat yang mengedukasi. Dari dewasa hingga anak-anak bisa berkunjung ke tempat ini.



Museum angkut ini juga menyediakan tempat-tempat yang bagus untuk berfoto, sehingga para pengunjung semakin senang berada di tempat ini. tidak hanya memamerkan berbagai macam transportasi, tetapi museum ini juga menyediakan zona-zona yang menggambarkan wilayah Indonesia hingga zona-zona yang menggambarkan tempat-tempat menarik di Dunia.

Zona-zona ini dikemas secara menarik di museum angkut ini, zona-zona ini diantaranya; Zona Hall utama, Zona Edukasi, Zona Sunda, Zona Gagster Town & Broadway Street, Zona Eropa, Zona Istana Buckinggham, Zona Las Vegas, Zona D’Topeng Kingdom, Zona Pasar Apung, Zona Hollywood, dan Zona Fligh Training.

2. Tanah Lot

Bali dengan segala keindahannya sangat memanjakan mata. Terlebih tentang pantai dan lautnya yang membuat semua orang sangat kagum dan punya alasan untuk bisa berkunjung lagi ke Bali. Salah satu objek wisata yang menarik di Bali adalah Tanah Lot.

Tanah Lot berasal dari kata "tanah" yang artinya tanah dan "lot" yang artinya laut, karena letaknya di laut atau pantai yang ketika air pasang maka akan terlihat seperti mengambang, maka dapat diartikan tanah lot adalah sebuah tanah atau pulau yang terletak di laut,oleh karena itu orang-orang menyebutnya Tanah Lot. Tanah Lot ini terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

Tanah Lot merupakan sebuah tempat suci agama hindu yang memiliki keindahan sangat eksotis dan keindahan natural yang dimiliki untuk melihat sunset. Di Tanah Lot terdapat pura yang terletak di tepi pantai Tanah Lot berdiri diatas batu karang yang kuat dan kokoh.

Di sebelah barat terdapat pura yang disebut pura batu bolong yang memiliki bentuk tak kalah indah. Pura dibangun pada dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak diatas bongkahan batu besar dan satunya lagi terletak di atas tebing yang menjorok ke laut mirip dengan pura Uluwatu. Tebing ini lah yang menghubungkan pura dengan daratan.

Pura tanah lot merupakan bagian dari pura Kahyangan Jagat di Bali ditunjukan sebagai tempat memuja dewa penjaga laut. Pada saat air laut pasang, pura akan terlihat dikelilingi air laut. Di bawahnya terdapat goa kecil yang didalamnya ada beberapa ular laut.

3. Pantai Pandawa

Pantai pandawa adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Bali dan wajib untuk dikunjungi. Pantai ini terletak di Desa Kutuh, Badung Bali. Masyarakat setempat lebih akrab dengan nama Pantai Kutuh sementara masyarakat mancanegara terutama dari Australia mengenal pantai ini dengan nama Secret beach  karena memang lokasi Pantai ini yang rahasia yaitu diantara tebing dan batu tinggi.


Saat ini pantai pandawa tidak hanya di kunjungi oleh wisatawan asing namun wisatawan domestik banyak yang berbondong-bodong mengunjungi destinasi indah yang ada di Bali ini. Mungkin selain pemandangan yang luar biasa yaitu dengan pasir putih dan air yang jernih, harga tiket masuk ke pantai ini sangat bersahabat. Selain itu tidak ada pedagang liar yang berkeliaran disekitar sehingga sangat nyaman bagi para wisatawan.

Selain berenang, di pantai ini juga tersedia jasa sewa kano untuk rekreasi air. Untuk penyewaan kano akan dikenakan biaya:
Single Kano Domestik: Rp 25,000 / 1 orang, durasi 1 jam.
Double Kano Domestik: Rp 50,000 / 2 orang, durasi 1 jam.

Tidak perlu khawatir apabila takut  tenggelam karena akan disediakan jaket pelampung. Bahkan kita jugaa bisa hanya menyewa pelampung tanpa kano. Di Pantai ini juga terdapat banyak restoran dan tempat makan dengan varian beragam sehingga tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah.

4. Desa Adat Penglipuran

Desa Adat Penglipuran merupakan desa wisata yang ditetapkan pada tanggal 29 1993. Desa yang terkenal akan kebersihannya dan adat istiadat yang masih sangat dijaga dengan baik. Desa ini bahkan pernah dinobatkan sebagai salah satu desa terbaik di dunia. Kesadaran yang tinggi yang dimiliki masyarakat sekitarlah yang membuat Desa Penglipuran dapat menjadi seperti sekarang ini.


Hal yang paling menarik di desa ini adalah dibangunnya "Karang Memadu" atau tempat pengasingan khusus yang diperuntukkan bagi siapa yang melakukan poligami. Bukan hanya diasingkan, tetapi juga mendapatkan sanksi sosial yang cukup berat seperti, tidak boleh bergabung melaksanakan upacara adat dengan masyarakat, dilarang memasuki pura manapun di Desa Penglipuran hingga dikucilkan (kasepekang) oleh masyarakat sekitar. Dan ini berlaku hingga si pelaku sadar akan kesalahannya dan akan membereskan masalahnya.

Karang Memadu berarti tempat khusus bagi yang beristri lebih dari satu. Tempat yang dipisahkan dengan tembok tinggi dan akses jalan yang sempit menuju lokasi. Tapi hebatnya warga Desa Penglipuran, pasalnya semenjak dibangunnya "Karang Memadu" ini sampai sekarang belum ada yang pernah menempatinya. Maka dapat diartikan tingkat kesetiaan warga Desa Penglipuran sangat patut dibanggakan.

5. Masjid Riyadh

Masjid Riyadh hanyalah masjid kecil dengan zawiyah atau tempat untuk majelis ilmu di pojokan masjid. Karena terbatasnya tempat, para tamu haul membeludak sampai ke sepanjang Jalan Kapten Mulyadi. Meski kecil, masjid ini memiliki nilai yang agung bagi para peserta haul. Terdapat tiga makam di Masjid Riyadh, yakni makam Habib Alwi bin Ali, Habib Ahmad bin Ali dan Habib Anis bin Alwi.



Mereka adalah keturunan Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi. Ayah Habib Ali merupakan mufti di Kota Mekkah, Arab Saudi. Nama Habib Ali dikenal tak hanya di Indonesia, namun sampai di berbagai negara. Haulnya setiap tahun juga diikuti peserta dari berbagai belahan dunia.

Habib Ali ialah ulama pengarang Maulid Simtudduror yang berisi kisah Nabi Muhammad sejak lahir beserta kisah tentang akhlak nabi. Maulid Simtudduror hingga kini masih dibacakan di berbagai negara. Habib Ali lahir dan wafat di Yaman. Tiga putranya datang ke Indonesia untuk melakukan dakwah, yakni Habib Muhammad, Habib Ahmad dan Habib Alwi.

Namun salah satu putra Habib Ali, yakni Habib Muhammad pulang ke Yaman. Sedangkan Habib Ahmad dan Habib Alwi menetap di Indonesia untuk berdakwah hingga wafat. Habib Alwi lah yang pertama kali membangun Masjid Riyadh untuk berdakwah. Setelah meninggal, dakwahnya dilanjutkan putranya, Habib Anis kemudian kini cucunya, Habib Hasan.

6. Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga menambah nilai lebih Taman Pintar. Tempat rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak pada masa perkembangan. Beberapa tahun ini Taman Pintar menjadi alternatif tempat berwisata bagi masyarakat Yogyakarta maupun luar kota.



Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif.

7. Malioboro

Malioboro adalah nama jalan di Yogyakarta, di jalan ini banyak sekali pedagang yang menjual barang-barang khas Yogyakarta mulai dari pakaian, dompet, tas, makanan dan lain-lain. Barang-barang yang dijual pun harganya terjangkau. Pakaian batik pun harganya lumayan terjangkau dari yang puluhan ribu sampai yang ratusan ribu. Selain itu  di sini juga banyak distro khas Yogyakarta. Jalan Malioboro sangat ramai pedestrian trotoarnya pun luas. 



Di sini masih banyak kendaraan tradisional seperti delman dan becak. Yang unik dari Malioboro yaitu ada bentor yaitu becak motor yaitu becak yang sudah menggunakan motor. Kain batik khas Yogyakarta pun ada di sini, jenis batiknya juga beragam ada batik tulis, batik cap, dan batik printing. Harga batik tulis mulai dari lima ratus ribuan. Untuk batik cap dan batik printing harganya mulai dari dua ratus ribuan. Malioboro merupakan destinasi yang sangat direkomendasikan apabila kita menyambangi Yogyakarta. 

8. Pasar Klewer

Nama Pasar Klewer ini  berawal dari peristiwa dimana banyak pedangang-pedagang yang tidak memiliki tempat dan menempatkan dagangannya di tiang-tiang sekitar sehingga jadilah disebut kleweran. Nama ini sendiri diberikan oleh Presiden Indonesia yang ke-2 yaitu Soeharto. Pasar ini akhirnya dibangun pada tahun 1969 dengan luas 12000m/segi.


Bangunan ini Terdiri dari dua lantai, pasar ini mampu menampung lebih dari 2000 (dua ribu kios). Jika berkunjung dipasar ini, kita akan disuguhi harga batik yang murah, hal ini karena sebagian penjual yang berada di kios pasar tersebut mempunyai konveksi sendiri-sendiri. Para penjual percara hubungan antara penjual dan pembeli bukan sekedar hubungan bisnis semata, tapi juga hubungan kekeluargaan.

Mengenai fasilitas pasar ini cukup kengkap dan memadai karena adanya Lapak modern, jalan yang luas, Mushola, tidak hanya kios untuk pakaian namun terdapat pula kios Kuliner, Toilet, serta tempat parkir. Jam buka pasar ini dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.


By : Kelompok 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

When Puberty Doesnt Hit You Right ^^

Sekarang malem minggu, tapi aneh dan tumbennya gua malah belajar. Baru akhir-akhir ini sih gua libur tapi gua masih nyempetin waktu buat belajar, ya karena emang ada sesuatu hal yang mengharuskan gua untuk merelakan waktu luang gua dipergunain buat belajar. ada alasan tertentu sebnernya yang bakal gue bahas di post gue yang lain. Lagi fokus sama laptop dan setumpuk artikel tetiba adek sepupu gua ngasih liat video kpop gitu dari ig nah isinya video cewek umur 14 tahun lagi joget erotis dan berpakaian kayak gak sesuai dengan umurnya gitu deh. Sebenernya gak mau ngejudge atau apa-apa tapi heran aja dan kadang jadi bikin gua berkaca dengan kehidupan gua. Sembari ngeliat video itu gua sama adek gua sempet kaget gitu dan gua nyeletuk "dia umur 14 tahun  loh kayak gitu, kita? wkwkkw" sambil ketawa. Kita berdua ngerasa kayak potato banget diumur yang segini. btw gua jalan 20 tahun adek gua umur 15 tahun.  Gak cuma itu doang sih kadang suka kayak ngerasa paling jelek kalo dip

Salah Jurusan

Gue itu tipe orang yang harus ngelakuin sesuatu dengan hati. Maksud gue, gue baru mau ngelakuin sesuatu kalo hati gue memaknai apa yang akan gue lakuin. Gue gabisa tuh yang namanya ngelakuin tapi hati gue ragu atau bimbang. tapi sekarang justru gue ada di dalam suatu kegalauan. Sebenernya singkatnya gini, gue salah masuk jurusan.... . . .. . yak. sekarang gue masuk jurusan ilmu agama islam dan lebih konsentrasi ke komunikasinya tapi yang dipelajarin tetep banyakan ilmu islamnya dibanding komunikasinya. Awal gue fine-fine aja, enjoy, ya walaupun gue agak sedikit ketinggalan. IP pertama gue juga bagus kok termasuk cumlaude lah diatas 3,50 yang mana bagus kan buat awamers kaya gue. Gue gatau pas gue tau gue diterima di unj jurusan ini gue seneng apa engga. lebih tepatnya sedih sih.. sedih banget karena gasesuai sama passion gue. tapi ortu gue suka bgt sama jurusan ini. Gue punya plan sebenernya, ga pernah mikir bakal keterima di SNMPTN dan gue juga ya