Langsung ke konten utama

Seminar: "Belajar Dari Rekonsiliasi Korban dan Mantan Pelaku Terorisme"





Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi (BEMP) Pendidikan Agama Islam, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Seminar dengan tema "Belajar Dari Rekonsiliasi Korban dan Mantan Pelaku Terorisme" di Gedung Ki Hajar Dewantara, kampus , UNJ pada hari Kamis 1 November 2018. Acara ini diisi oleh pembicara Imam Prasodjo (Dosen Sosiologi UI), Ali Fauzi ( Mantan Teroris), Hasibullah Satrawi (Direktur AIDA),Ni Luh Erniati (Korban Bom Bali), Dr. Ramdhani M,pd (Dosen UNJ), Dr. Abdul Fadhil (Dosen UNJ) sekaligus sebagai moderator. Dan dihadiri oleh peserta dari berbagai institusi, mulai dari UNJ, UIN, Universitas Ibnu Chaldun, Universitas Pamulang, Universitas Islam Jakarta, dan lain sebagainya.

Dalam pembicaraanya, Hasibullah Satrawi memaparkan tentang perkembangan pemikiran ekstrim yang sekarang marak terjadi di ranah kampus.  Salah satu buktinya adalah adanya praktek keagamaan ekstrim seperti ideologi untuk mengislamkan Indonesia secara kaffah, gerakan untuk melakukan kekerasan melalui lembaga-lembaga atau perkumpulan religius masjid walaupun tidak semua seperti itu. Ekstrimisme dalam penjelasannya adalah sifat fanatisme biasanya mereka lebih cenderung memilih untuk melakukan hal yang lebih berat dan rumit diabnding yang ringan dan mudah. Salah satu contohnya di Indonesia adalah adanya kekerasan atas nama agama yang mana menjadikan agama sebagai tameng dari perbuatan mereka atau melaksanakan praktik keagamaan yang kaku seperti makan harus menggunakan tangan dan haram apabila menggunakan sendok dan lain sebagainya.

Sementara dalam pembicaraan mantan pelaku terorisme, Ali Fauzi menjelaskan bahwa  akar terorisme tidaklah tunggal melainkan saling berkaitan. Ibaratkan sebuah penyakit, aksi terorisme ini termasuk penyakit komplikasi yang membutuhkan dokter spesialis dalam penyembuhan serta pencegahannya. Dalam sejarahnya ketika berkecimpung di dunia terorisme beliau memiliki banyak nama samaran (Salman di Poso, Abu Ridho di Ambon, dan Ikrimah di Filipina). Pada tahun 1991 beliau masuk ke anggota NII di Malaysia. 1994 bersama Noordin M Top di Jamaah Islamiyah. Menjadi kepala instruktur perakit bom pada tahun 1999. Menjadi pelatih dasar militer. Beliau memaparkan bahwa ada lebih dari 300 aksi teror dari tahun 2000-2018. Di tahun itu bom yang paling terkenal adalah bom mobil dan lebih terorganisir sementara sekarang lebih mudah ditemukan. Salah satunya pada tahun 2002 di Bali, terjadi aksi teror dengan bom yang meledak sebesar 1 ton. Pasca bom Bali tahun 2002 beliau melarikan diri ke Malaysia dan Filipina, lalu tertangkap di Filipina dan dipenjara tahun 2004. Ketika tahun 2014 bergabung dengan Aliansi Indonesia Damai dan menjadi Direktur Lingkar Perdamaian tahun 2016.

Pembicara terakhir adalah Ni Luh Erniati sebagai korban dari aksi bom Bali. Beliau menceritakan kisah dimana bom tersebut telah merubah kehidupannya. Suami tercintanya tewas dalam peristiwa tersebut ketika sedang bekerja sehingga beliau harus bertahan menghidupi kedua anaknya yang masih kecil seorang diri. Pertama kali beliau bertemu dengan Ali Fauzi (mantan teroris) hatinya sangat hancur dan amarah menyelimutinya namun seiring waktu berlalu ia pun dapat bangkit dan menyadari bahwa amarah dan kebencian tidak akan menyelesaikan masalah. Beliau memberikan pesan damai kepada para peserta seminar pada saat itu bahwa setiap cobaan pasti ada hikmah dibaliknya. Setiap kekerasan tidak perlu dibalas dengan kekerasan. Pentingnya saling memotivasi  satu sama lain, serta senantiasa berlapang dada dalam menerima kenyataan agar tidak menjadi beban.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

When Puberty Doesnt Hit You Right ^^

Sekarang malem minggu, tapi aneh dan tumbennya gua malah belajar. Baru akhir-akhir ini sih gua libur tapi gua masih nyempetin waktu buat belajar, ya karena emang ada sesuatu hal yang mengharuskan gua untuk merelakan waktu luang gua dipergunain buat belajar. ada alasan tertentu sebnernya yang bakal gue bahas di post gue yang lain. Lagi fokus sama laptop dan setumpuk artikel tetiba adek sepupu gua ngasih liat video kpop gitu dari ig nah isinya video cewek umur 14 tahun lagi joget erotis dan berpakaian kayak gak sesuai dengan umurnya gitu deh. Sebenernya gak mau ngejudge atau apa-apa tapi heran aja dan kadang jadi bikin gua berkaca dengan kehidupan gua. Sembari ngeliat video itu gua sama adek gua sempet kaget gitu dan gua nyeletuk "dia umur 14 tahun  loh kayak gitu, kita? wkwkkw" sambil ketawa. Kita berdua ngerasa kayak potato banget diumur yang segini. btw gua jalan 20 tahun adek gua umur 15 tahun.  Gak cuma itu doang sih kadang suka kayak ngerasa paling jelek kalo dip

8 Destinasi Unik dan Inspiratif

1. Museum Angkut Malang adalah salah satu kota di Indonesia yang sedang menjadi sorotan. Dimana, pada kota ini terdapat banyak destisnasi menarik untuk liburan. Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di kota Malang ini, salah satunya adalah museum angkut. Museum angkut adalah museum yang mengusung konsep angkutan, di sana banyak transportasi tradisional hingga modern yang dipamerkan. Tempat ini bukan hanya sebagai tempat hiburan semata, tetapi juga bisa menjadi tempat yang mengedukasi. Dari dewasa hingga anak-anak bisa berkunjung ke tempat ini. Museum angkut ini juga menyediakan tempat-tempat yang bagus untuk berfoto, sehingga para pengunjung semakin senang berada di tempat ini. tidak hanya memamerkan berbagai macam transportasi, tetapi museum ini juga menyediakan zona-zona yang menggambarkan wilayah Indonesia hingga zona-zona yang menggambarkan tempat-tempat menarik di Dunia. Zona-zona ini dikemas secara menarik di museum angkut ini, zona-zona ini diantaranya;

Salah Jurusan

Gue itu tipe orang yang harus ngelakuin sesuatu dengan hati. Maksud gue, gue baru mau ngelakuin sesuatu kalo hati gue memaknai apa yang akan gue lakuin. Gue gabisa tuh yang namanya ngelakuin tapi hati gue ragu atau bimbang. tapi sekarang justru gue ada di dalam suatu kegalauan. Sebenernya singkatnya gini, gue salah masuk jurusan.... . . .. . yak. sekarang gue masuk jurusan ilmu agama islam dan lebih konsentrasi ke komunikasinya tapi yang dipelajarin tetep banyakan ilmu islamnya dibanding komunikasinya. Awal gue fine-fine aja, enjoy, ya walaupun gue agak sedikit ketinggalan. IP pertama gue juga bagus kok termasuk cumlaude lah diatas 3,50 yang mana bagus kan buat awamers kaya gue. Gue gatau pas gue tau gue diterima di unj jurusan ini gue seneng apa engga. lebih tepatnya sedih sih.. sedih banget karena gasesuai sama passion gue. tapi ortu gue suka bgt sama jurusan ini. Gue punya plan sebenernya, ga pernah mikir bakal keterima di SNMPTN dan gue juga ya